Tips Sebelum Membeli Android Bekas

Tips Sebelum Membeli Android Bekas Agar Tidak Tertipu - Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008. Siapa yang tidak tahu Android di tahun 2015 ini, Android sudah merajai pasar di seluruh Dunia. Nah disini saya sebagai Admin akan memberikan tips untuk kalian sebelum membeli Smartphone Android Bekas / Second. Simak baik - baik tips di bawah ini agar tidak tertipu saat ingin membeli Android bekas.

1. Garansi Android
Apakah Toko/Pemilik Android yang ingin anda beli itu memberikan garansi kepada anda? Pastikasn tanyakan pertanyaan ini sebelum membeli Android bekas. Agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

 
2. Cek Kondisi Fisik Dan Baterai Android
Pastikan Smartphone Android bekas yang akan dibeli mulus tanpa banyak goresan. Pastikan juga batereinya original dan tidak mengembung. kalau anda tidak malu, bisa tunggu disana dan test tahan berapa lama baterai Android yang ingin anda beli.


3. Harga Pasaran Android
Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah harga pasaran Android tersebut. Inilah yang menjadi syarat utama membeli hp bekas karena harga di setiap toko pasti berbeda-beda. Untuk patokan harga Anda bisa lihat di media-media seperti Paseban.com atau search di Google lalu samakan dengan harga di toko. Jika di toko terlalu mahal di banding harga di media maka anda dapat langsung memberi penawaran dengan harga terendah. Selain itu, Anda juga bisa survei dari toko satu ke toko lainnya untuk membandingkan perbedaannya. Tidak usah sungkan bertanya ke toko - toko lainnya, menurut pepatah "Malu bertanya maka akan sesat di jalan".


4. Cek IMEI Android
Hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli HP Android Second adalah IMEI. Pastikan nomor IMEI hp sama dengan nomor IMEI di kardus untuk menghindari barang palsu. Nomor IMEI tersebut bisa dicek dengan mengetik *#06#.


5. Cek Spesifikasi Android
Mengecek spesifikasi ini sangat penting, menghindari banyaknya Android palsu/kw beradar di pasaran. Pastikan anda mengecek spesifikasi lengkapnya


6.Cek Panggilan Android
Pastikan anda sudah mengecek panggilan, dengan cara menghubungi nomer yang ada di Android tersebut lalu test speakernya berfungsi dengan baik atau tidak.


7. Pengetesan Sederhanda Android
 Hal terakhir yang harus Anda lakukan ketika membeli hp Android second  adalah melakukan beberapa pengetesan sederhana untuk memastikan ponsel Anda dalam keadaan baik. Berikut kode-kode untuk melakukan pengetesan tersebut:


 *#*#0*#*#*
Kode ini memiliki fungsi utama untuk memeriksa layar. Setelah menekan kode ini akan muncul beberapa tombol pilihan red, green, blue, receiver (white), vibration (black), dimming, megacam, sensor, touch, sleepmode, speaker, dan sub key.


*#2663#
Touch screen version. Pada menu ini terdapat info touch screen firmwire version, dan pilihan untuk update secara online. Namun jangan coba-coba klik update touchscreen karena banyak user yang setelah mengklik update touchscreen tiba-tiba layar sentuh tidak berfungsi.


*#2664#
Kode ini juga untuk memeriksa layar. Setelah menekan kode layar akan berubah menjadi hitam, sentuh layar dan gerak-gerakkan, garis merah akan muncul. Apabila anda menarik garis dan ada yang putus, berarti ada masalah dengan layar ponsel.


*#0673#
Melody Test. Kode ini untuk memeriksa speaker. Setelah menekan kode ini akan muncul tombol pilihan Speaker_on, Receiver_on, Headset_on Left, Headset_on Right, Receiver_Headset_on Left, Receiver_Headset_on Right, OFF, dan EXIT.


*#0842#
Device test. Kode ini untuk memeriksa kemampuan getaran ponsel. Pada menu ini akan ada beberapa tombol On, Off, Auto untuk mencoba mode getar ponsel.


*#*#4636#*#*
Testing. Kode in berisi menu informasi ponsel, informasi baterai, menampilkan stastitik penggunaan ponsel dan aplikasi. Juga bisa diketahui informasi tentang WiFi.


*#232337#
Bluetooth test. Setelah memasukkan kode ini akan tampil Bluetooth device address.


*#44336#
Version. Menampilkan informasi versi firmwire ponsel, waktu pembuatan ponsel, dan changelist.
Itulah beberapa tips penting bagi Anda yang ingin membeli Android bekas  agar Anda tidak tertipu dan Anda juga bisa mendapatkan Android idaman anda dengan aman dan tanpa takut terpitu. 
sumber: arikadnyana.blogspot.co.id

baca juga: aplikasi pencegah kecelakaan tersedia di Samsung Galaxy J3 - S Bike Mode
                  Harga bawang goreng 2019