Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

Cara Mudah Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

 – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sistem operasi Android merupakan salah satu sistem operasi perangkat mobile yang sangat rentan akan serangan virus. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya aplikasi yang dikembangkan oleh developer.

Virus biasanya disisipkan dalam aplikasi dan akan menginfeksi perangkat Android setelah aplikasi tersebut diinstal. Walaupun Google Play Store sendiri sudah menyediakan fitur untuk memfilter aplikasi berbaya, namun tak sedikit virus atau malware yang lolos dari filter tersebut. Pengguna antivirus memang menjadi salah satu solusi yang tepat.

Namun permasalahannya adalah smartphone yang memiliki spesifikasi pas-pasan kadang mengalami kendala saat ditanami antivirus yang tak jarang membebani kinerja smartphone. Namun bukan berarti permasalahan tersebut tak ada solusinya. Berikut adalah beberapa tips bagaimana menghilangkan virus di Android tanpa antivirus.

1. Masuk Safe Mode
Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah masuk ke tampilan safe mode. Dalam tampilan safe mode, anda akan lebih leluasa karena selain tampilannya ringan, semua aplikasi akan hilang kecuali aplikasi inti. Anda tak perlu kawatir karena aplikasi bukan hilang selamanya, melainkan hanya sementara.

Dalam tampilan safe mode, anda bisa perpindah dari sistem secara leluasa untuk memberishkan file-file sampah serta file-file mencurigakan yang diduga adalah virus atau malware.

2. Cek Aplikasi dan Hapus 

Dalam keadaan safe mode, cek aplikasi yang terinstal pada HP Android anda. Silahkan masuk ke menu settings > aplications > download. Lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan. Apabila ada, silahkan uninstall aplikasi tersebut.

3. Hapus Akses Administrator

Masih dalam keadaan safe mode, silahkan hapus akses administrator aplikasi yang mencurigakan. Caranya adalah dengan masuk ke menu settings > security > device administrator. Lihat apakah ada aplikasi mencurigakan. Apabila ada, silahkan hilangkan akses administrator aplikasi tersebut.

4. Keluar Safe Mode

Setelah semua proses di atas selesai, berarti virus atau malware yang menyerang HP Android anda sudah hilang. Silahkan keluar dari safe mode dan kembali ke tampilan normal. demikian..

sumber: www.majalahgadget.com

baca juga: Cara Upgrade Android Jelly Bean Ke Kitkat
                  Harga bawang goreng 2019