Cara Menyembunyikan File / Foto / Video di Smartphone Android



Apakah anda pernah mengalami foto terhapus atau hilang di android anda, apabila iya mungkin anda perlu menyembunyikannya di galeri android anda. Gallery atau galeri merupakan folder dimana foto dan video kita terkumpul, dimana menyembunyikan foto dan video di galeri adalah cara efektif untuk menjaga agar photo dan video di android kita aman dari orang lain, paling tidak cara ini sedikit mempersulit orang iseng yang ingin melihat foto atau video pribadi kita yang sifatnya rahasia.

Bagi kebanyakan pengguna android cara ini mungkin sudah biasa, namun bagi saya pengguna hp android pemula pastilah agak ribet mencari menu-nya, bahkan saya sempat browsing untuk mencari cara menyembunyikan album di android dan alhamdulillah ketemu caranya, oke langsung saya kita bahas bersama.
Dalam menyembunyikan file di smartphone, ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu :
  1. Dengan mengganti nama folder atau file tersebut

Cara ini merupakan cara yang paling mudah karena tidak memerlukan sebuah aplikasi yang harus diinstal di smartphone Anda. Yang perlu dilakukan dalam cara ini agar file Anda sukses tersembunyi adalah dengan menambahkan tanda titik (.) di depan nama file atau folder tersebut. Contoh Anda memiliki file bernama Fotoku.jpg kemudian Anda edit nama file tersebut dan tambahkan tanda titik (.) di depannya sehingga menjadi .Fotoku.jpg dan kemudian simpan. Maka dengan cara seperti itu secara automatis file Anda akan tersembunyi dalam arti ketika Anda membuka galeri foto, maka file yang barusan Anda ganti namanya tidak akan muncul.

Namun jika Anda berubah pikiran untuk menampilkannya kembali agar muncul di galeri foto, Anda hanya perlu menghapus tinda tittk (.) yang telah Anda berikan pada file tadi dengan mengedit kembali nama file tersebut lalu hapus tanda titik (.) nya. Disarankan jika Anda ingin mencoba trik ini Anda harus tau betul letak file ini di dalam folder yang berada di media penyimpanan karena ada banyak sekali folder yang ada di media penyimpanan untuk Android, oleh karena itu untuk mencoba cara tersebut sebaiknya Anda melakukan uji coba pada file yang tidak terlalu penting terlebih dahulu agar terhindar dari kehilangan file.

Namun kekurangan pada cara ini adalah file yang elah diedit tadi namanya, tetap akan terdeteksi apabila dilakukan pencarian pada kotak pencarian yang tersedia pada Android.

  1. Menggunakan Aplikasi yang diinstal pada smartphone Android

Jika menggunakan cara pertama yaitu dengan mengganti nama folder atau file dirasa kurang aman, maka Anda dapat menggunakan cara kedua yakni menggukan Aplikasi. Banyak sekali Aplikasi yang telah diunggah di Playstore yang berfungsi untuk menyembunyikan file atau folder pribadi Anda. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar file pribadi Anda tidak tersentuh tangan-tangan jahil yang mencoba untuk mengetahui file pribadi Anda. Berikut merupakan aplikasi Android yang direkomendasikan dan Anda dapat mengunduhnya di Playstore.
  1.  
    • Hide it Pro
    • KeepSafe
    • Vault-Hide
    • Vaulty
Aplikasi terbsebut tersedia di Playstore secara gratis. Mungkin Anda bisa langsung mengunduh dan mempraktekkannya sendiri.

sumber: www.catatansistel.com 

baca juga:  Tips Sebelum Membeli Android Bekas Agar Tidak Tertipu
                   Harga bawang goreng 2019