Solusi Hp Nokia tidak bisa buka Profil Nada

ini permasalahan sering banget terjadi, hp nokia ketika ada panggilan masuk koq tidak bersuara.padahal tidak pada profil silent. mungkin pada awalnya kita akan mengira kalo ini yang rusak buzzernya (speaker dering). nah, anehnya.. saat buka profil kemudian pilih nada, justru hpnya merestart. mati kemudian nyala lagi. umumnya terjadi pada nokia tipe lama: 1200, 1208, 2300, 1600, 2600, 6030, dll.

jangan salah, hp jadul seperti itu justru di sini jadi primadona. selalu ada orang tertarik ketika kita pegang hp kayak gitu. entah ditawar atau pun minta barter. tentu saja bukan mau dibarter pake Android, tapi dengan hp cina. nokia tipe lawas seperti itu terkenal bandel, fisiknya maupun di jaringan. sinyalnya jauh lebih kuat daripada hp cina terbaru sekalipun.yaa walaupun selalu saja ada ejekan merakyat: "hp kayak gitu kuat masbro, kuat malu.." hahaha

oke, kembali ketopik. jika ada masalah seperti itu, jangan buru-buru dibawa ke tukang servis hp. jelas itu bukan kerusakan hardware. cara memperbaikinya sederhana aja:
1. buka pengaturan
2. kembali kepengaturan awal
3. masukkan sandi telepon (standard: 12345)
4. selesai

cara sesederhana ini begitu banyak pengguna handphone yang tak paham. aku sering banget dapat pelanggan yang memperbaiki kerusakan seperti itu.

lah, gimana kalo ada masalah lain. misal: lupa sandi atau setelah melakukan langkah diatas tetep hp nya gak bunyi saat ada panggilan.

ini berarti komplikasi, hahahaha.. mari ngeteh dulu..

kalo lupa sandi, itu hpnya harus di-software ulang. istilah orang konter biasanya: di-flash! lupa sandi umumnya karena hp yang kita pake belinya bekas. hp itu sudah diganti password sama pemilik (pertama) dan dijual tanpa mengembalikan password itu kesemula. atau kita beli baru, cuma sudah kita ubah sandinya. dan sadisnya: Lupa!


setelah dikembalikan kepengaturan awal tetep gak bunyi, kemungkinan terbesar adalah rusak buzzernya (speaker dering). ini harus diganti.

kalo ternyata ada komplikasi seperti diatas, jalan keluar paling aman: bawa saja ke tukang servis. ongkosnya masing-masing tak lebih dari 25.000 koq. syarat dan ketentuan berlaku.

Baca Juga: Harga bawang goreng 2019