Tips Agar Power Bank Tidak Cepat Rusak

 Tips Agar Power Bank Awet dan Tidak Cepat Rusak

Jika anda memiliki aktivitas yang padat dengan smartphone ataupun tablet PC, pastinya butuh yang namanya power bank. Karena rata-rata smartphone yang ada saat ini tak mampu bertahan seharian penuh saat digunakan dengan intensitas tinggi.

Oleh sebab itu para pengguna smartphone selalu menggunakan power bank untuk menyokong daya tahan baterai agar lebih lama. Merk power bank saat ini sangat bermacam-macam mulai dari Xiaomi, Asus, dan lain-lain. Harganya juga sangat bervariasi mulai dari 50 ribuan sampai jutaan. Mayoritas power bank yang punya kapasitas besar dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan power bank yang kapasitasnya kecil.

Selain itu fitur yang ditawarkan antar power bank satu dengan yang lain berbeda-beda. Banyak pengguna power bank mengeluh karena power bank yang mereka gunakan mudah rusak. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga power bank agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

 1. Jangan Terlalu Sering Dicharge
Perlu anda ketahui bahwa baterai power bank punya masa atau siklus isi ulang. Semakin sering diisi ulang, maka semakin cepat pula baterai tersebut rusak. Oleh sebab itu isi baterai power bank saat benar-benar sudah habis untuk menghindari terlalu sering ngecharge.

2. Hindari Panas dan Benturan
Sebaiknya jangan melakukan pengisian daya power bank di tempat panas. Karena power bank akan mengeluarkan suhu yang panas ketika dicharge. Jika suhu tersebut berbenturan maka menyebabkan kondisi power bank kurang bagus. Benturan juga menyebabkan power bank mudah rusak.

3. Jangan Terlalu Lama Charge
Selain itu jangan terlalu lama mengisi daya baterai power bank karena akan membuat baterai jebol. Selain itu jangan gunakan smartphone saat sedang diisi daya menggunakan power bank karena akan membuat arus keluar menjadi tidak stabil dan menyebabkan power bank mudah rusak.

Disamping tiga hal tadi, masih ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga power bank agar awet dan tidak mudah rusak seperti mengechargenya saat baterai hampir benar-benar habis, dan mencucinya agar tidak terlihat kusam. Semoga informasi singkat tadi bermanfaat bagi pembaca.

sumber: www.majalahgadget.com

baca juga: Cara Menyembunyikan File / Foto / Video di Smartphone Android
                 Harga bawang goreng 2019